Selasa, 11 November 2014

PEMUDA DAN KEMAJUAN BANGSA

Pemuda merupakan tunas bangsa, pemuda zaman sekarang akan menjadi pemimpin pada masanya nanti. Namun, kesiapan pemuda dalam proses menjai seorang pemimpin sekarang ini harus dipertanyakan.
         Lalu apa hubungan dengan identitas bangsa ? Bangsa suatu kumpulan masyarakat yang bersatu. Pemimpin dari sebuah bangsa biasanya seserang yang telah tua, manusia tua tentu pernah muda, saat muda itu lah beliau disebut Pemuda. Hubungan antara bangsa dan peuda sebenarnya hanya terletak dari penerus kepemimpinan, namun dari hal tersebut penguraian akan menjadi panjang karena pemimpin akan menentukan kemana arah dari pengikutnya dan tingkatan kemanjuan dan kemundurannya pun dapat dipengaruhi.
          Saya adalah pemuda Indonesia dan bangga akan hal tersebut, saya memiliki beberapa teman pemuda Indonesia juga tentunya. Bermacam ragam pemuda yang saya kenal, karakteristiknya berbeda pula serta masa depannya yang dapat tergambar dari kebiasaan mereka sekarang yang berbeda pula. Hal ini akan saya uraikan dalam beberapa jenis pemuda dari yang telah saya jumpai.
  •  Pemuda yang berpendidikan dan mau bekerja keras dan mengerti akan arti keberadaan mereka. Pemuda seperti ini saya temui jarang memang, namun ada. Pemuda yang bersifat seperti ini adalah pemuda yang sampai saat ini masih mengejar ilmu. Mereka berusaha menjadi lebih baik dari yang ada dan merencanakan suatu perubahan yang mereka akan lakukan kelak. Selain itu kritik akan mereka ceritakan terhadap hal-hal yang baru seja terjadi dan bersifat kritis terhadap persoalan yang ada dalam negara ini. Pemuda seperti ini menurut saya akan menjadi pemuda hebat nantinya. 
  • Pemuda yang memiliki mimpi dan menyerahkan semua pada takdir. Nah selain dari pemuda gigih tadi, ada beberapa pemuda yang memiliki mimpi namun menyerahkannya pada takdir. Mereka percaya Tuhan akan menjalankan takdir mereka, kalau Tuhan berkehendak maka hal tersebut akan terjadi. Disisi ini lah saya berkomentar, saya percaya akan Tuhan saya, namun bukankah Tuhan itu adil? Beliau akan memberikan hal lebih kepada orang yang berusaha. 
  • Pemuda yang tidak melakukan apapun. Ini adalah pemuda yang tidak melanjutkan pendidikannya. Dasar dari hal ini sebenarnya banyak, adanya faktor ekonomi adalah faktor terfavorit permasalahan ini. Coba renungkan, kenapa negara kita miskin ? kenapa negara kita kurang bersaing? itu karena SDM rendah. SDM rendah karena pendidikan rendah, bila terus menerus mengandalkan alasan ekonomi, lalu kapan akan ada perubahan? Bukan satu dua orang teman saya yang tidak mampu namun tetap duduk disamping saya untuk menuntut ilmu, lalu kemana mereka yang selalu beralasan ? Perubahan itu hadir karena adanya tekanan.
Berakhir karakteristik pemuda, jika banyak pemuda yang lahir dengan semangat yang kecil maka hancurlah sudah bangsa ini. Perubahan yang dibuat mungkin tidak akan merubah dunia, tapi perbuatan yang dapat merubah akan mendapat ganjaran dan tentunya kebaikan yang dirasakan orang lain. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar